Senin, 26 Desember 2011

KAPEku sejuta cerita^^ (1)



Kerja Praktek atau biasa dikenal dengan KP menjadi perhatian khusus bagiku saat itu.. Yes! Ada kesempatan untuk ‘berpetualang’ ke luar Surabaya,, Aya ya.. senangnya.. Walaupun saya berasal dari tim puskom yang acap kali sering keluar kota,,tapi KP beda! Hidup jauh dari orang tua selama 1bulan,, mungkin baru ini saya rasakan, padahal dulu saya sempat kos selama 3bulan gara2 di KPU,, tapi tetap saja beda.. Lha wong tiap minggu saya disuruh pulang sama orang tua,,haha.. Ntahlah,,terkadang saya juga berpikir kenapa ya orang tua begitu sulit untuk ‘melepas’,padahal tipikal pendidikan ortu saya selalu menekankan untuk mandiri,, pekerjaan laki2 harus bisa kamu lakukan meskipun kamu seorang perempuan (begitu kata2 yang sering ayah lontarkan),,masa hanya gara2 anak perempuan satu2nya?? Terkadang saya merasa iri dengan adek2 saya yang ‘sering’ diijinkan untuk jalan2 ke luar kota (apa cuma gara2 anak pondokan yang ga pernah bisa keluar dari pondok?) halah,,mboh lah,, yang saya tahu dan saya pahami adalah ortu mempunyai ‘keadilan’ untuk setiap anak2nya... hmm..
Balik lagi ke soal kape.. KP yang saya rencanakan sebenarnya bukan di jogja tapi di jakarta,, di salah satu perusahaan terkenal dibidang makanan,, mie ind****d.. knp kq pgn k sana? Krn saya sgt suka makanan,,hehe..dan kbetulan dosen pembimbing saya mempunyai link di sana. Sbnrx mw ‘memuluskan’ cita2,mmbuat perusahaan yg bs nyaingin uni****r, tau sndr kan dana keuntungan mereka lari kmn.. masa org islam mw kalah? Mgkn sepele,tp  itu mrupkn alasan saya masuk jurusan kimia lho.. mgkn d sana saya bs tau resepnya trs nanti da alternatif resep bwt bikin perusahan (ngimpi bgt,hehe) Setelah menghubungi bapak di perusahaan tersebut dan mengirimkan persyaratan melalui pos kilat, kami menunggu ‘panggilan’. Tp sgt d sayangkan panggilan yg ditunggu tak jg datang.. Partner saya yang menjadi ‘penghubung’ tak juga melaporkan hasilnya,,dan dari pihak perusahaan pun tak juga memberi kepastian kpd kami,,di terima atau ditolak. Di tengah luntang luntung cari perusahan,da salah seorang teman yg menawarkan KP di jogja, dy ‘putus’ dg partenerx,krn g mw KP d luar kota,,setelah mngambil byk prtimbangan, alhasil kami bertiga mengirimkan berkas k salah satu instansi pemerintahan trsbt. Dan kami diterima! Beberapa minggu kemudian kami berdua ke jogja utk mengurus administrasi dan cari kos (teman satux lg pulkam). Dalam benak kami, 1 hari akan cukup utk mengurus administrasi, dan memang pd akhirx kami bs menyelesaikan walapun selesainya menjelang sore sekitar jam3. Setelah itu,kami  memutuskan utk sholat dan mlanjutkan utk perburuan kos-kosan (di tengah perjalanan, teman saya yang pulkam memutuskan utk tdk jadi KP, jd lah kami berdua). Perburuan itu tak semudah dibayangkan, sangat sulit utk mencari kosan yg nyaman, ‘save’, terlebih lagi Cuma kos 1bulan yg kbnyakan tdk da yg mw mnerima. Kami mencari di seberang BATAN (di jalan tambak bayan). Sebenarnya, niat awal kami mencarinya di belakan BATAN, konon lebih murah wlpn jauh dari ‘hingar bingar’ pedagang, akan tetapi karena gerbang BATAN sudah tutp dan kami tidak tahu harus lewat mana,alhasil kami mencari di seberang BATAN yang kebetulan banyak kos yang penuh dg ‘keunikan’. Mulai dari jarang ada masjid (ada pun Cuma ada 2 dan itu ujung ke ujung, jauh dari masjid satu dg yg lain), ada kos-kosan campuran (cewek cowok tinggal dalam satu bangunan), banyak orang-orang nonis (indonesia timur, cina,dll), brhamburan pemandangan tank top,hot pents,pelukan di motor sudah menjadi pemandangan yg ‘biasa’ di lingkungan itu. Singkat cerita, sampai jam8 malam kami belum menemukan kos yang kami cari. Kami pun kebingungan, antara capek,kesal, lapar, bingung,, rasanya dah mau nangis..  Akhirnya kami memutuskan utk mencari lg esok hari,, Oo oo,,kami lupa,,kami g pnya kenalan d sana,, Alhasil saya pun meng-SMS smua PH JMMI,, terharu sya dg balasan mereka, hubungi ini ukh, mulai dr ketum UGM, akhwat solo, mbak Yuli S2 TI, kadiv jaringan,,dll.. (jazakumullah atas bntuannya^^). Dari smua rekomendasi yg masuk, saya hanya mengenal satu nama, mbk.Yuli S2 TI.. tanpa pikir panjang, saya pun menghubungi mbaknya.. tidak lama dr tu kami dijemput di BATAN..

Pagi harinya pun kami mencari kos lagi,,kali ini dibelakang BATAN.. stlh muter2,,di timpalin sana sini, kami pun mendapatkan kos yg (lumayan) cocok dg kami. Alhamdulillah... akhirnya kami bisa pulang k  Sby..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar